Cari

Brasil Puji Performa Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Performa Timnas Indonesia melawan Belanda pada partai persahabatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (7/6) lalu ternyata menarik perhatian dunia. Meskipun kalah 0-3 akan tetapi penampilan di babak pertama dimana skuat Garuda menahan Robin Van Persie dan kawan-kawan menuai banyak pujian.

Masyarakat di Brasil bahkan terkejut bagaimana Indonesia, yang menempati ranking FIFA 170 bisa mengimbangi Belanda yang berada di peringkat ke-9 FIFA. "Belanda mengalahkan Indonesia di babak kedua," tulis sebuah media Brasil, Gazeta Esportiva, di halaman utamanya.
"Pelatih Luis Van Gaal harus mengubah strategi di babak kedua untuk mengalahkan tim tuan rumah," tambah Gazeta Esportiva.
Bahkan pelatih Timnas Indonesia Jacksen F. Tiago mengaku mendapatkan ucapan selamat dari teman-teman dan keluarganya di kampungnya, Brasil. "Mereka kagum dengan pertahanan kami (timnas-red) di babak kedua dan menyampaikan wajar jika stamina pemain kami kalah," katanya lewat pesan WhatsApp-nya kepada ROL.
Jacksen bahkan dihubungi sebuah media di Brasil agar mengirimkan materi untuk program khusus televisi mengenai Timnas Indonesia. “Di program tersebut, saya akan mengenakan kostum Timnas Indonesia,” katanya.

Pertandingan bersejarah kemarin memang menjadi perhatian masyarakat dunia. Tercatat, lebih dari 10 negara menyiarkan langsung pertandingan itu. Sebuah media di Inggris, Skysport, bahkan menyebutkan dua gol Siem De Jong dan satu gol Arjen Robben menyelamatkan Belanda, setelah sepanjang pertandingan dipaksa bekerja keras.

Sementara itu bek Manchester United, Rio Ferdinand, juga mengaku terkejut dengan performa Timnas Indonesia. "Penampilan Indonesia di babak pertama mengejutkan Belanda dan saya," kata mantan kapten Timnas Inggris itu lewat Twitter-nya, @rioferdy5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar